[aioseo_breadcrumbs]

Kebakaran Pasar Sentral Menghanguskan 899 Kios Saat Hujan Deras Mengguyur Kota Makassar

swapraj1 - Rabu, 28 Desember 2022 | 01:05 WIB

Post View : 163

iklan-1200-238

Direktur Utama PD Pasar Sentral Makasar Ichsan Abduh Hussein menyebutkan data kebakaran di pasar Sentral Makassar menghanguskan 899 Kios di Blok B Selatan disaat hujan deras mengguyur kota Makassar, Selasa (27/12/2022)

Ichsan mengatakan mendapatkan laporan kejadian sekitar 19.02 Wita dan langsung melaporkan serta berkoordinasi dengan Dinas Kebakaran dan Polres Pelabuhan serta melaporkan ke Wali Kota Makassar untuk penanganan bencana.

Ichsan mengatakan, berdasarkan data yang dia miliki, khusus blok B selatan terdapat 931 kios . Dan, yang terbakar sebanyak 899 kios.

“Satu pedagang itu bukan hanya memiliki 1 kios, tetapi kadang ada yang memiliki 2 atau 3 kios. Rata -rata pedagang ada yang menjual pakaian, gorden dan hampir semua tekstil diperjualbelikan pada pasar tersebut,” tuturnya.

Mengenai penyebab kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Kapolresta Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki penyebab kebakaan.

Dari informasi yang beredar penyebab kebakaran karna adanya korsleting listrik digardu saat hujan deras. Namun ada juga yang menyebutkan dugaan kesengajaan, Keduanya belum bisa disimpulkan.

“Dugaan awalnya belum tahu, nanti pada  saat Labfor (Laboratorium Forensik) datang baru kita tahu penyebabnya. Yang pasti kita akan lakukan penyelidikan, “kata Yudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Muhammad Hasanuddin disela pemadam menuturkan, informasi yang masuk dari warga sekitar 19.20 Wita, Seluruh unit armada di markas komando dan bantuan armada di pos lain telah dikerahkan ke lokasi.

Baca Juga :  Diduga Melanggar HAM, PT Amman Mineral Diminta Tutup

“Kami kerahkan penuh armada dari Mako Damkar dan bantuan cadangan unit posko lain, total ada 48 unit bolak balik mengisi tangka. Semua personel diturunkan termasuk regu penembak air, “ katanya di lokasi kejadian.

Banyaknya pemilik kios yang berusaha menyelamatkan barang dagangannya menyulitkan petugas untuk memadamkan api, meskipun hujan deras mengguyur Kota Makassar, namun kobaran api masih terus menyala.

Hasanuddin menuturkan bangunan kios semi permanen dan dagangan yang mayoritas pedagang kain menjadi salah satu faktor api dengan cepat menjalar.

“Saya kira di lokasi begitu, pemilik kios yang mengambil barangnya yang kita kwatirkan roboh, karena bahannya yang di dalam semua ini dari kayu. Kita minta bantuan satpol PP untuk menghalau warga, “ ungkapnya.

Hasanuddin memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran tersebut. Dan api dapat dipadamkan empat jam kemudian.

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

1610009175